Sabtu, 07 Desember 2013

Tips Cara Aman Saat Menggoreng Ikan Agar Tidak Mudah Meletup

Tips Dapur Sehat - Memasak merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bukan? Apalagi memasak masakan favorit kesukaan Anda bersama keluarga. Melihat keluarga tercinta tersenyum bahagia saat menyantap hidangan yang anda sajikan.

Namun banyak wanita enggan jika harus memasak menu ikan goreng. Berbagai alasan muncul, yang paling jelas dan pasti adalah karena takut dengan letupan minyaknya yang bisa sewaktu-waktu melukai kulit. Memang benar saat menggoreng ikan minyak akan meletup dan loncat kesana-kemari saat ikan dimasukkan kedalam wajan penggorengan. Namun Anda jangan khawatir, karena disini akan dibagiikan tips cara menggoreng ikan agar minyak tidak meletup mengenai kulit Anda.

Berikut adalah Tips Memasaknya :

1. Perhatikan jumlah minyak yang dugunakan untuk menggoreng

Minyak yang dugunakan sebisa mungkin jangan lebih dari sepertiga ukuran wajan penggorengan.
Perlu diperhatikan bahwa minyak nantinya akan naik ke permukaan karena dipicu oleh suhu panas. Dan semakin banyak jumlahnya maka minyak akan semakin mudah meluap.

2. Menjaga suhu minyak agar jangan terlalu panas

Untuk menggoreng ikan akan lebih aman kalau Anda menggunakan minyak goreng yang memiliki titik didih yang tinggi misalnya vegetable oil atau sunflower oil. Namun jika Anda memilih menggunakan minyak biasa yang digunakan untuk menggoreng ikan, maka Anda wajib menjaga suhu minyak goreng agar tidak terlalu panas.

Jika Anda menggunakan minyak biasa trik pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara memanaskan minyak menggunakan api besar, kemudian stabilkan suhu panasnya dengan memindah ke mode api kecil atau sedang.

3. Sesuaikan ukuran bahan

Bukan dengan cara memasukkan semua bahan ke dalam penggorengan maka Anda bisa mempercepat waktu memasak. Justru akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu mempertimbangkan ukuran bahan yang akan digoreng saat memasaknya.

Semakin penuh wajan yang digunakan, maka suhu pada minyak akan semakin menurun. Jika suhu pada minyak rendah, maka waktu penggorengan akan semakin lama, selain itu minyak juga akan diserap oleh bahan.



Air Vs minyak

Dalam suhu yang sama, apabila air dicampurkan dengan minyak maka minyak akan mengambang. Namun, bila minyak berada pada suhu tinggi, maka ia akan membuat air menguap sehingga menimbulkan letupan-letupan kecil.

Untuk itu, siapkan tutup khusus untuk wajan sehingga saat bahan yang Anda goreng kadar airnya cukup tinggi, letupannya akan ditahan oleh penutup wajah dan tidak sampai ke mana-mana.

Tips mengurangi letupan saat menggoreng

Ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi letupan pada saat melakukan penggorengan diantaranya adalah :

1. Melapisi wajan menggunakan daun pisang pada saat menggoreng ikan
2. Meneteskan perasan air jeruk nipis pada minyak sebelum digunakan untuk menggoreng

Tips Cara Aman Saat Menggoreng Ikan Agar Tidak Mudah Meletup diatas berdasarkan essai yang kamu rangkum dari vimale.com. Semoga informasi Tips dapur ini bermanfaat bagi pembaca semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar