Selasa, 05 Agustus 2014

Makanan Pembangkit Rasa Bahagia


Saat suasana hati sedang jelek, beberapa dari kita mungkin menyantap makanan kesukaan untuk mengoreksi suasana hati. Pilihlah makanan jenis tertentu yang memang memicu keluarnya hormon dopamine di otak. Makanan jenis ini akan mendatangkan perasaan bahagia.

1. Makanan Alami

Sebisa mungkin konsumsilah makanan alami bikinan sendiri yang bahannya kalau bisa ditanam sendiri di kebun. Hindari makanan olahan yang sudah jadi. “Banyak riset di bidang gizi dan ilmu saraf mengungkapkan mereka yang mengonsumsi makanan olahan moderen mengalami peningkatan depresi, kecemasan, perubahan suasana hati, hiperaktivitas dan banyak jenis masalah mental dan emosional,” ujar Dr. Drew Ramsey, psikiater dan blogger dari Huffington Post.
2. Ikan Salmon
Ikan salmon dan ikan lain yang kaya akan asam lemak omega tiga berperan penting menjaga suasana hati dan kesehatan mental kita. Riset sudah membuktikan bahwa asam lemak sehat ini memiliki manfaat melindungi tubuh dari depresi. Bahkan ada studi lain yang membuktikan asam lemak omega tiga mengurangi kecemasan yang dirasakan mahasiswa kedokteran.
Sumber asam lemak omega tiga juga ada pada ikan kembung yang murah meriah. Asam lemak ini juga ditemukan pada kacang walnut.
3. Kacang almond
Amond mengandung senyawa bernama tyrosine. Ini adalah pembangun produksi dopamine dan neurotransmitter pembangkit suasana hati lain yang ada di otak. Itu artinya, makan satu tangkup kacang almon tidak hanya meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah karena kandungan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Tetapi juga mendongkrak suasana hati yang murung.
4. Apel
Buah apel kaya akan zat bernama quercetin, senywa yang melindungi sel-sel otak dari serangan radikal bebas yang bisa merusakkan tepi-tepi neuron.

5. Cokelat

Sebagian besar wanita menyantap cokelat ketika merasa sedih. Selain enak dan kaya akan antioksidan, cokelat memang membantu mengurangi rasa cemas. Mereka yang sedang cemas atau sering dilanda kecemasan, cokelat susu bisa membantu mengurangi kecemasan. Mereka yang tak punya riwayat sering terserang kecemasan, cokelat hitam lebih cocok untuk mereka.
6. Kuaci Bunga Matahari
Kuaci bunga matahari juga kaya akan tyrosine yang bermanfaat mendongkrak suasana hati. Kuaci bung matahari juga memiliki vitamin E dan selenium. Vitamin E ini bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

7. Tahu
Tahu juga merupakan sumber tyrosine. Di samping itu tahu merupakan sumber protein dari kedelai yang menyehatkan jantung. Sumber protein kedelai ini juga bagus mengurangi gejala menopause.

sumber: health.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar