Kamis, 04 Juni 2015

CARA PRAKTIS MEMBUAT BRAMBANG ASEM KHAS SRAGEN - SOLO

Masakan Jawa Tengah - Satu lagi akan saya perkenalkan masakan khas jawa tengah daerah Sragen yang masih masuk Solo yaitu Cara Praktis Membuat Sambal Brambang Asem dengan kulup (lalaban) pucuk daun ubi jalar (daun ketela) yang licin jika di pegang setelah di rebus dan kriuk kriuk jika di makan. Yang bikin istimewa disini cuma sambelnya saja yang terasa asam manis pedas, mungkin untuk anda yang tinggal di jawa barat atau di luar jawa agak heran masa' daun ubi jalar di makan, karena saya sendiri jarang lihat di jawa barat orang makan daun ubi jalar adanya juga buat makan ternak.



Justru pada daun ubi jalar inilah ciri khas dari Brambang Asem, kalau tidak ada daun ubi (ketela) jalar tidak akan lengkap bahkan bukan brambang asem namanya. Perlu anda ketahui "Brambang" itu bahasa jawa dari bawang merah kalau Asem  Asam jawa. Ok langsung saja kita kumpulkan bahan dan bumbu dari Brambang Asem ini..

Bahan/Bumbu Sambel Bambang Asem

* 7 buah cabe rawit
* 2 buah asam jawa
* Terasi secukupnya
* Gula merah secukupnya
* Garam secukupnya
* Penyedap rasa secukupnya
* 7 siung bawang merah atau brambang
* 2 ikat daun ubi jalar pilih bagian ujungnya yang masih muda, ubi jalar kalau di kampung bisa ambil di pekarangan sendiri atau minta tetangga juga boleh, tapi kalau di kota biasanya tidak ada yang jual anda boleh ganti dengan kangkung atau pakis. Saya sendiri coba pakai pakis tapi tetap enak karena bumbu-nya sudah enak.



Cara membuat brambang asem

* Didihkan air dahulu dan tambahkan garam secukupnya, kalu sudah mendidih kemudian masukan daun ubi atau kangkung sampai layu, jangan terlalu lama, anda kira kira sendiri yang penting masih kriuk kriuk jika di makan
* Silakan Bakar terasi dan brambang/bawang merah.
* Untuk cabe rawit goreng dahulu, kemudian uleg" atau tumbuk semua bumbu jadi satu seperti cabe, bawang merah, terasi, asam/asem jawa tambahkan juga garam, penyedap rasa dan gula secukupnya.
* Beres..Brambang asem siap di sajikan...

Itulah cara bikin masakan yang mudah "CARA PRAKTIS MEMBUAT BRAMBANG ASEM KHAS SRAGEN - SOLO" , semple gak ibet tapi uenak'e poolll...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar