Sabtu, 02 Februari 2013

Tiga Cara Masak Sehat dan Lezat untuk Keluarga


Kaum perempuan sudah seharusnya akrab dan nyaman dengan area dapur di rumah. Seperti yang diketahui, kesehatan keluarga tergantung oleh makanan yang dimasak oleh ibu sehari-hari.
Kreatif di dapur adalah salah satu faktor penting yang dapat membantu Anda memasak hidangan-hidangan yang lebih sehat. Oleh karena itu, simak tiga teknik sederhana yang dapat membuat tubuh Anda tetap sehat tanpa mengorbankan berbagai cita rasa lezat makanan.

Jeruk:

Air perasan jeruk dapat sangat bermanfaat untuk berbagai hidangan. Daripada Anda memberi topping hidangan salad atau sayuran dengan saus berat, seperti mayonaise atau keju, coba tambahkan air perasan lemon atau jeruk nipis untuk menciptakan rasa yang menyegarkan.
Air perasan lemon dan jeruk juga dapat Anda gunakan sebagai saus dasar yang light dan tentu saja testy sebagai salad dressing. Dengan melakukan teknik ini, maka Anda dapat melupakan bahan-bahan yang tinggi kalori dan lemak.

Memanggang:

Menggoreng ikan tau ayam bukanlah teknik memasak yang ideal sehari-hari. Oleh karena itu, panggang lah bahan-bahan makanan yang kaya akan protein tersebut.
Walaupun memanggang membutuhkan waktu yang lebih banyak dibandingkan menggoreng, tapi manfaat kesehatan yang Anda dapat jauh lebih baik. Tak hanya hidangan utama, berbagai hidangan pembuka pun dapat Anda panggang sehingga keluarga Anda dapat menikmati menu lengkap yang sehat setiap harinya.

Tumis basah :

Hasil masakan yang dimasak dengan teknik tumis basah dikenal juga dengan 'cah'. Seperti cah kangkung misalnya. Tumis basah dilakukan untuk menyimpan kalori dan menambahkan cita rasa pada sayuran yang Anda tumis.
Lupakan minyak, Anda dapat menggunakan air kaldu sebagai gantinya. Aturan umumnya adalah menggunakan kaldu dua kali lebih banyak sebagai minyak. Kemudian Anda dapat menambahkan bumbu rempah-rempah favorit untuk memperkaya cita rasa hidangan Anda. 

from: viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar