Kamis, 02 April 2015

SAMBAL CIBIUK SERBA MENTAH TAPI NIKMAT

Apakah sahabat semua pernah melewati kota Garut Jawa Barat? jika anda mudik/pulang kampung dari Jakarta atau Bandung menuju ke Jawa tengah atau ke jawa timur dan lewat jalur selatan pasti membaca tulisan Sambal Cibiuk pasti penasaran seperti apa sih sambal cibiuk itu dan apa bedanya dengan sambal yang lainya..?? kalau penasaran mampir saja ha..ha.haa..!!! (ko' malah iklan). Memang kalau urusanya perut  sudah lapar di tengah jalan dan melihat iklan rumah makan bawa'anya ingin masuk dan makan sebanyak banyaknya sampai "mblendang perutnya" ( bahasa mana tuh..mblendang)


Masih penasaran ya dengan Sambal Cibiuk, sambal ini menurut saya sedikit aneh dan ekstrem karena bahan bahanya mentah semua, serta ciri khasnya ada tambahan kencur dan terasi pilihan, terus bagaimana cara membuatnya? yuk kita kumpulkan bahan bahan resepnya...

Bahan-bahan untuk membuat  sambal cibiuk :

* 2cm Kencur
* 5 pucuk Daun Kemangi
* ½ sendok teh Garam
* 3 buah Tomat Hijau, kemudian anda potong kasar
* 10 buah Cabai Rawit Hijau
* ½ sendok teh Terasi, kemudian anda bakar

Ternyata bahan bahan yang dibutuhkan cukup mudahkan, tapi kalau sudah jadi dan dimakan rasanya ma'nyusss...!!! terus bagaimana cara membuatnya? ikuti petujuk dibawah ini :

Cara membuat sambal cibiuk khas garut :
* Siapkan cobek (cowet/layah) dan uleg uleg
* Pertama anda haluskan terlebih dahulu cabai rawit, bawang merah, kencur, terasi dan garam.
* Kemudian anda masukkan irisan tomat hijau, dan dicampur aduk hingga bumbu menyatu sambil di tumbuk pelan biarkan kasar (jangan sampai hancur)
* Terakhir Tambahkan daun kemangi, dan tumbuk kasar juga.
Jreng...jreng...!!! Sambal cibiuk siap disajikan.

Itulah cara membuat sambal cibiuk khas kota Garut jawa barat, ok sahabat semua semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar