Senin, 11 Januari 2016

NIH...!!! RESEP RENDANG DAGING SAPI ASLI KHAS PADANG

Olahan Rendang Daging Sapi - Bagaimana Cara Membuat Rendang Daging Sapi Khas Rumah Makan Padang? - Masih di dominasi masakan Padang, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi lagi Olahan Daging Sapi yang dimasak Rendang. Pernah suatu ketika saya minta tolong kepada kakak ipar saya orang Bandung - Jawa Barat untuk di buatkan rendang yang rasanya sama dengan rumah makan Padang, tapi entah apa yang kurang tetap saja rasanya ada yang beda. Aku pikir salah sendiri kenapa pesan rendang dengan orang Jawa barat harusnya ya, kepada orang Padang.

Itulah Rendang Padang, sepertinya tak ada suku lain yang bisa menggatikan masakan khas Padang sumatera Barat ini, untuk mendapatkan resep asli terpaksa saya harus bertanya kepada teman Facebook saya yang pengusaha rumah makan Padang, dan tidak sia sia saya bertanya dia mau membagikan resep masakan-nya kepadca saya.

Cara Membuat Rendang Daging Sapi Khas Rumah Makan Padang

Ada 2 macam rendang daging sapi khas Padang ini yaitu dimasak dengan kering dan dengan sedikit basah. Pada kesempatan dulu ketika situs ini dibuat saya pernah membagikan masakan rendang asli padang yang di olah dengan kering. Nah untuk melengkapi pilihan pemirsa sekarang saya akan bagikan resep rendang khas Padang yang sedikit basah yang saya dapat dari sahabat FB saya, juga saya bagikan Tips memasak rendang. Ok jangan tertlalu lama ngoceh-nya ntar gak jadi masak rendang...

RESEP RENDANG DAGING SAPI ASLI KHAS PADANG

Bumbu-bumbu yang perlu dipersiapkan:
  • 3 helai daun kunyit segar kemudian di ikat menjadi satu dalam bentuk simpul
  • 4 helai daun jeruk purut sebagai sebagai peluntur bau amis daging
  • 3 batang sereh yang telah dimemarkan
  • 1 ruas asam asam gelugur atau kandis
  • 3 cm laos atau lengkuas
  • 3 cm kunyit yang dibakar dan dibersihkan kulitnya
  • 2 cm jahe yang dibakar dan dibersihkan kulitnya
  • 150 gram cabe merah besar (lombok) atau sesuai selera
  • 150 gram cabe merah keriting atau sesuai selera
  • 15 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1/2 sendok makan ketumbar
  • 1 sendok teh jinten yang masak tanpa minyak (sangrai)
  • 1 sendok teh bubuk pala
  • 2 sendok teh garam
Proses pengolahan rendang Padang:
  1. Mula mula Masukan secara perlahan santan cair ke dalam wajan dan campurkan bersama daun kunyit, asam, serai dan semua bumbu yang telah dihaluskan. Kemudian ratakan secara perlahan-lahan dengan cara diaduk-aduk.
  2. Silakan Masak santan tersebut dengan api sedang sambil terus diaduk agar santan tidak (tidak pecah) dan sampai menempel pada bagian pinggir wajan. Aduk adonan tersebut hingga merata selama kurang lebih 30 menit kemudian masukkan potongan daging sapi yang telah dibersihkan secara perlahan dan merata.
  3. Terus aduk daging sapi tersebut dengan api sedang hingga santan mengeluarkan minyak dan daging sapinya matang luar dan dalam.
  4. Angkat lalu sajikan dengan menggunakan piring berukuran besar.
Tips Saat Memasak Rendang:
  1. Gunakanlah santan murni hasil dari kelapa yang diperas, bukan dari santan instan karena santan sangat berpengaruh terhadap hasil masakan sebab minyak hasil dari santan yang mengering akan mempengaruhi rasa gurih serta kenikmatan khas rendang.
  2. Selalu menggunakan daging yang segar & fresh. Dan jangan memotongnya searah dengan urat daging karena daging akan sulit empuk. Potonglah daging dengan bentuk persegi yang melintang atau bersebrangan dengan arah urat. Agar daging tak mudah hancur, maka Anda bisa memotongnya dengan ukuran yang agak besar.
  3. Agar daging tidak rentan hancur, Anda bisa mengangkat daging setelah matang dan memisahkan dengan bumbunya. Setelah bumbunya terasa telah agak mengering, maka Anda bisa mencampurnya kembali.

Baca juga: RESEP CARA MEMBUAT DENDENG BOTOKOK CABAI HIJAU PALING ENAK

Anda telah Membaca Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi Khas Rumah Makan Padang, selamat mencoba & selamat menikmati...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar