Selasa, 06 Oktober 2015

RESEP SATE BRUTU AYAM YANG MAK NYUSSS..

Olahan Brutu Ayam - Bagaimana Cara Membuat Sate Brutu (Tunggir) Ayam Yang Paling Enak? - Sahabat semua sewaktu masih kecil pasti pernah dilarang oleh orang tua untuk tidak memakan yang namanya Brutu Ayam (tunggir, bhs Sunda) kenapa ya? tiap mereka ditanya alasanya tidak mau kasih jawaban yang spesifik, "Huss ojo di pangan le engko mundhak bodo Sekolahe" kalau orang tua saya sendiri katanya bikin bodoh dalam pelajaran. Tapi saya pikir itu hanya mitos saja nyatanya saya makan biasa biasa saja. Justru bagian brutu (pantat ayam) inilah yang paling enak, secara gitu lho..bagian brutu ini banyak menganduk lemak. "Ahh...paling di bohongi saja biar brutunya dimakan bapak", gitu pikirku. Di Indonesia ini pada umumnya brutu ayam dijual tetap menempel pada tubuh ayam, berbeda waktu saya merantau di negeri sebrang yaitu Sarawak - Malaysia, disana setiap anggota badan ayam dijual terpisah. Kalau sayap, isinya sayap semua, kalau brutu, isinya brutu semua dalam 1 kg.

Kenangan saya di sarawak kalau menjelang pasar malam tidak lupa membeli brutu bakar, kalau di indonesia biasa orang bilang sate brutu. Dari aroma asapnya saja sudah tercium ciri khas brutu yang memang aromanya gurih dan pasti nikmat karena terbayang empuk-nya itu. Lalu bagaimana cara membuat sate brutu ayam agar rasanya benar benar enak, nikmat dan pastinya ma' nyusss...?? ikunti cara di bawah ini...



RESEP SATE BRUTU AYAM YANG MAK NYUSSS..!!!

Bahan bahan sate Brutu:
  • 500 g brutu ayam (atau tergantung seadanya brutu)
  • 1 sdt air jeruk limau
  • 2 sdm kecap manis Bango
Bumbu, yang dihaluskan:
  • 3 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • ½ sdt ketumbar butiran
  • ¾ sdt garam
  • 1 sdt gula merah sisir
Cara Membuat Sate Brutu: 
  1. Mula mula lumuri brutu ayam dengan air jeruk limau dan kecap manis dan diamkan kira kira 15 menit.
  2. Campur brutu ayam dengan bumbu halus, Aduk rata dan diamkan kurang lebih 1 jam dalam lemari es.
  3. Silakan tusuk brutu ayam dengan tusuk sate.
  4. Setalah itu bakar sate brutu  sambil dioles sisa bumbu sampai matang.
Baca juga ini: RESEP RAHASIA AYAM GORENG KECAP PEDAS, GURIH, NIKMAT
Nah begitulah cara membuat Sate Brutu (Tunggir) Ayam Yang Paling Enak? Walaupun enak sate brutu jika dimakan berlebihan tidak baik untuk kesehatan, karena disitu mengandung lemak yang pastinya ber-kolesterol, Ok sahabat semua sampai jumpa pada resep berikutnya yang pastinya lebih enak lagi, karena kami akan menberikan resep masakan yang unik dan nikmat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar